Top Social

Asal Muasal dan Rental Kimono di Jepang #MeisUniqueBlog

August 23, 2017
Asal Muasal dan Rental Kimono di Jepang #MeisUniqueBlog
Ide postingan kali ini berasal dari foto jadul hari ini yang Mei ubek-ubek.. Beberapa foto yang Mei temukan adalah foto ini:

www.uniqueblogofmei.com

 Sejarah Kimono dan Rental Kimono di Jepang #MeisUniqueBlog
LOL
Foto “kitsuke” (dalam Bahasa Jepang, artinya mengenakan kimono).. Foto ini Mei ambil waktu photoshoot iseng jaman SMA.. =D
(Ssst, fotonya di photo studio deket rumah lho ya, bukan di Jepang :P).. Karena foto itu, aku jadi mendapat ide untuk browsing mengenai kimono dan cerita lengkap mengenai kimono di postingan kali ini..
 Yuk baca lebih lanjut untuk mengetahui mengenai kimono lebih lengkap =)

Sejarah Baju Tradisional Jepang, Kimono

Sejarah Kimono dan Rental Kimono di Jepang
Sumber Foto: Pinterest

Beberapa dari Uniquesss mungkin pernah mendengar bahwa asal muasal kimono awalnya dari pengaruh budaya Korea.. 
Ternyata sebenarnya bukan lho, Uniquesss..

Sejarah Kimono dan Rental Kimono di Kyoto, Jepang

Sejarah baju tradisional Jepang, Kimono sebenarnya dimulai dari pengaruh baju tradisional Cina bernama Hanfu, hanfu berasal dari kata han dan fu.. han sendiri artinya suku han dan fu adalah pakaian..

Pada umumnya, pola/corak dari kimono di-print dengan teknik cetak yang bernama "Yuzen" (maksudnya teknik cetak berulang sampai jadi).. 

Asal Muasal Kimono dan Rental Kimono di Kyoto, Jepang
Sumber Foto: japan-luxury-guide.com

Maka dari itu, kalo Uniquesss perhatikan, pattern dari kimono itu sebenarnya diulang-ulang.. 
Beberapa orang mengira bahwa kimono itu dilukis dan setiap kimono mengandung satu lukisan, sebenernya nggak begitu faktanya.. 

www.uniqueblogofmei.com
Sumber Foto: Pinterest

Bahan kain untuk Kimono sering dikenal dengan sebutan ''Tanmono'' (bahasa kanji Jepang: 反物 artinya: "gulungan kain yang panjangnya 1 ''Tan'', atau kurang lebih sekitar 9 m 14 cm)..

Bahan kain yang digunakan untuk membuat kimono harus bahan yang ditenun dengan sempurna dan tanpa cacat sama sekali lho.. 
Tanmono harus dibeli dalam satu gulungan tanpa menghitung tinggi badan si pemakai.. 
Kalo ''Tanmono'' dipakai untuk membuat Kimono bagi pemakai yang kebetulan berbadan pendek dan ramping, maka akan banyak bahan Kimono yang tersisa..

Menurut beberapa sumber, Kimono pada zaman dahulu harus dilepaskan bagian per bagian untuk dicucinya dan dijahit, lalu disambung kembali sewaktu mau dipakai..
(agak ribet yaa >_<, nggak kebayang deh pakenya pasti butuh waktu yang sangat lama :’D).. 
Seiring berjalannya waktu, memakai kimono nggak perlu per bagian lagi.. 
Yup! Memakai kimono memang nggak gampang.. 
Nggak semua orang bisa memakai kimono sendiri (perlu bantuan orang lain untuk memakainya)..
Bahkan, ada kursus untuk belajar cara memakai kimono yang baik dan benar juga lho.. 
😮😮😮

Tempat Sewa Kimono di Kyoto

Sudahkah Uniquesss membaca artikelku mengenai 8 kuil tempat wisata Jepang yang wajib dikunjungi di Kyoto
Kalo belum, baca disini yuk! 
Selain Kyoto merupakan salah satu kota terindah di Jepang, Kyoto juga terkenal dengan banyaknya tempat rental kimono..
Untuk mencapai Kyoto, Uniquesss dapat menggunakan kereta Shinkansen dengan JR Pass selama 30 menit dari Osaka atau 2,5 jam dari Tokyo..
Apa itu JR PASS? Ada kereta jenis apa aja sih di Jepang?

Mampir kesini yuk biar nggak bingung =P
Cara booking tiket JR Pass melalui H.I.S. Online Booking, Uniquesss bisa baca disini

Mampir kesini juga untuk rekomendasi alternatif alat transportasi lainnya menuju Kyoto

Di Kyoto ada banyak sekali tempat sewa kimono.. 
Berikut ada 2 tempat sewa kimono yang bisa menjadi referensi Uniquesss ketika berkunjung ke Kyoto dan berminat untuk menyewa kimono

Yumeyakata

Yumeyakata, Rental Kimono di Jepang
Sumber Foto: jalan2kejepang.com

Yumeyakata beralamat lengkap di 600-8104 128, Manjujicho, Shimogyo-ku, Kyoto-shi.. 
Akses ke tempat sewa kimono ini dari Stasiun Kyoto, cuma 5 menit menggunakan mobil, dan kalo Uniquesss menggunakan kereta bawah tanah, hanya 1 pemberhentian..
 Karena Yumeyakata terletak pada salah satu jalan besar di Kyoto yaitu jalan Gojo, bus untuk tur yang besar juga dapat berhenti langsung di depan Yumeyakata..

Strategis banget ya tempatnya!
Di Yumeyakata, Uniquesss pastinya akan puas banget menyewa kimono.. Di Yumeyakata, Uniquesss menyewa kimono ini dengan pilihan 4 musim berbeda..

Ada juga layanan tambahan seperti stylist profesional untuk mendandani rambutmu supaya jadi makin terlihat kawaii, foto souvenir hingga fotografer profesional yang akan menemani dan mengambil foto-foto terindahmu di sekitar Kyoto..

Selain itu, pegawai disini bisa melayani Uniquesss nggak hanya dengan bahasa Jepang, tapi juga bahasa China dan Inggris..  
Jadi, kalo Uniquesss nggak bisa bahasa Jepang, nggak perlu khawatir lagi deh soal komunikasi..
Kalo Uniquesss ingin menyewa untuk satu hari saja, jangan lupa untuk mengembalikan kimono sebelum jam 19:30 waktu setempat supaya nggak kena fee charge sekitar 1080 Yen jika ingin mengembalikannya di keesokan hari sebelum jam 5 sore..

Fuuka Kimono

Fuuka Kimono, Rental Kimono di Jepang
Sumber Foto: tripadvisor.com

Selain Yumeyakata, ada Fuuka Kimono yang juga terkenal sebagai tempat sewa kimono yang recommended untuk turis di Jepang..
Fuuka Kimono yang beralamat di 600-8019, 235 Sendocho, Shimogyo Ward, Kyoto merupakan produsen kimono asli Kyoto yang produknya telah dijual ke luar negri..

Di Fuuka Kimono, Uniquesss nggak hanya bisa sewa kimono, tapi juga belanja kimono.. Selain itu, ada hotel dan restorannya juga lho!

Nah, jadi kebayang kan serunya berfoto di tengah keindahan kota Kyoto dengan memakai kimono?

Anyway, kalo Uniquesss berencana traveling ke Jepang, Uniquesss bisa atur rencana wisata Jepang Uniquesss dengan H.I.S.Online Booking supaya lebih praktis dan anti ribet..

Psst, HISGO Indonesia merupakan biro perjalanan wisata berkualitas dan dikenal secara Internasional.. 
Berkat HISGO Indonesia, rencana wisata Jepang, booking hotel, bahkan tiket penerbangan luar negri menjadi semakin mudah..

Baca disini untuk mengetahui tentang HISGO Indonesia lebih lanjut.. Nggak cuma untuk wisata Jepang,. H.I.S.Online Booking juga merupakan sebuah online travel agent yang menjual tiket pesawat untuk wisata ke luar negri dan melakukan penerbangan ke negara-negara lainnya juga!

😀😀😀

Sekian postingan Mei pada hari ini
Semoga bermanfaat ^^

This article is sponsored by:
Psst, buat Uniquesss yang suka baca-baca tips seputar makeup/ skincare untuk jalan-jalan, Uniquesss juga bisa mampir ke Beautynesia

Auto Post Signature