Top Social

Pentingnya Smartphone bagi Blogger

November 14, 2016
Pentingnya Smartphone bagi Blogger
Hi Uniquesss! Di jaman ‘kekinian’ saat ini, smartphone merupakan salah satu gadget wajib yang nggak boleh sampe ketinggalan bagi setiap orang..
Yup! Saat ini, hampir semua orang menggunakan smartphone! Bagi gue, smartphone bisa dikatakan sebagai ‘all-in-one gadget’ yang nggak boleh ketinggalan..
Smartphone selalu gue bawa kemanapun dan kapanpun..

Bukti foto di salah satu event blogger
Fungsi Smartphone bagi Blogger
Thanks, Blogger Perempuan for this super real candid pic.. XD

Saat event, semua blogger (termasuk gue) sibuk pegang smartphone (buat foto-foto dan live tweet).. XP
Bukannya sibuk sendiri-sendiri lho! Justru antusiasme blogger dengan ikutan lomba live tweet saat event dan smartphone pastinya jadi andalan.. Ribet kaan kalo bawa lappie cuma buat live tweet saat event O_O

So, di postingan kali ini, gue bakal membahas seputar kriteria smartphone yang cocok buat blogger.. Siapa tau bisa jadi referensi bagi Uniquesss yang lagi nyari-nyari smartphone buat sekalian nge-blog juga.. XD
Dalam memilih smartphone, pastinya kita memiliki pertimbangan-pertimbangan tertentu dong..

Pertimbangan Mei dalam Pemilihan Smartphone

Pentingnya Smartphone bagi Blogger 2
Kamera
Menurut gue, kamera merupakan hal terpenting! Psst, sebagian besar foto di blog ini gue ambil dengan kamera hp lhoo! Selain kamera hp, gue mengandalkan kamera digital juga siih, tapi baterai-nya cepat drop.. Jadi, kamera hp kudu wajib bisa jadi kamera cadangan juga..

 Kapasitas RAM
Kapasitas RAM smartphone minimal 1GB.. Ukuran RAM gede itu buat apa siih? RAM adalah singkatan dari Random Access Memory.. Singkatnya, semakin besar kapasitas RAM suatu gadget, semakin lancar jaya gadget tersebut ketika menjalankan beberapa aplikasi sekaligus.. :D Kenapa menurut Mei minimal kapasitas RAM 1gb (gede banget!) ? Kapasitas RAM 1gb pada smartphone umumnya nggak cuma buat aplikasi tambahan dari kita.. Belum lagi, kapasitas RAM itu termakan aplikasi bawaan dari gadget kita sendiri.. Jadi, kapasitas RAM hp kita harus besar kalo aplikasi kita banyak, supaya nggak lemot..

Kapasitas Memori Internal
Memori internal adalah memori bawaan yang memang sudah ada pada smartphone.. Beberapa aplikasi di smartphone lebih bisa berjalan lancar dan sempurna bila disimpan di memori internal, karena akses memori internal lebih cepat bila dibandingkan dengan akses memori eksternal.. Selain itu, memori eksternal juga bisa error (gagal baca data) atau penuh.. Jadi, kapasitas memori internal juga penting, Uniquesss!

Baterai
Gue malas bawa charger/powerbank kemana-mana.. Jadi, kalo bisa, baterai smartphone harus yang tahan seharian dong.. :P

Bisa koneksi 4G
Penting banget niih supaya nonton Youtube anti-buffering, upload dan update serba cepat.. Apalagi kalo livetweet di tempat yang susah sinyal, supaya tweet-nya lancar jaya, koneksi internet smartphone kita juga harus cepat dong..

Berdasarkan pertimbangan diatas, gue memilih untuk menggunakan Samsung Galaxy J7(2015) dan sejauh ini cukup puas dengan performa-nya.. Menurut gue spesifikasi-nya juga cocok untuk blogger..

Hasil Kamera J7 cetar 

Pentingnya Smartphone bagi Blogger 3

Pentingnya Smartphone bagi Blogger 4

Pentingnya Smartphone bagi Blogger 5
3 foto diatas merupakan hasil foto selfie dengan Samsung Galaxy J7(2015).. kamera depan Samsung Galaxy J7 sudah dilengkapi dengan kamera depan 5MP dan LED flash.. Belom kesampean beli kamera mirr*rless buat selfie, pakai kamera hp pun hasilnya cukup jernih :D

Pentingnya Smartphone bagi Blogger 6
Foto diatas adalah hasil foto (dengan zoom in sampe mentok) *pardonmyBahasa :P 
Samsung J7 waktu gue ikutan datang ke acara Fashion Show Wisuda Lasalle College (lumayan kaan hasilnya!) 
Padahal ambil foto tersebut di tempat yang kurang strategis banget).. 

Pentingnya Smartphone bagi Blogger 7

Pentingnya Smartphone bagi Blogger 8
Cocok juga buat yang suka update Path dengan foto makanan biar kekinian gitchuu atau food blogger gonnabe LOL :P

Pentingnya Smartphone bagi Blogger 9

Pentingnya Smartphone bagi Blogger 10
2 foto diatas juga hasil foto dari J7.. Performa kamera belakang 13MP dan autofokus dari Samsung Galaxy J7 juga lumayan oke kaan! Bisa langsung di upload di Instagram deh setelah foto produk.. LOL :P

Kapasitas RAM dan Memori Internal Besar

Samsung Galaxy J7 dilengkapi dengan kapasitas RAM 1.5gb dan memori internal sebesar 16gb.. 
 Dengan RAM dan memori internal yang besar ditambah lagi SD card/memori eksternal up to 128gb, gue dapat menampung berbagai aplikasi, seperti aplikasi Blogger (buat menampung draft sekaligus publish kalo lagi unmood post dengan laptop), gojek, grab, uber, Snapseed, Shopee, Tokopedia, Carousell, Prelo (buat belanja sekaligus jualan XP), Line, Whatsapp, Instagram, Path, BBM, dan lain lain.. 
Bahkan gue juga simpan beberapa seri Drama Korea di smartphone juga buat ditonton di saat bosan.. XP
Gue sering membuka 3-4 aplikasi sekaligus, tapi semua aplikasi tersebut dapat berjalan dengan lancar..

www.uniqueblogofmei.com
Uniquesss bisa mendapatkan informasi serta mengontrol baterai, kapasitas memori secara keseluruhan, serta device security manager di Aplikasi Smart Manager dari Samsung Galaxy, sekalian pembersih otomatis data yang dianggap tidak penting (cache) dan memakan memori internal.. 

Adanya Fitur Power Saving mode pada Samsung Galaxy J7

Pentingnya Smartphone bagi Blogger 12
Di Battery Manager pada apps Smart Manager tadi, Uniquesss bisa lebih mudah memonitor pemakaian baterai dan mengetahui estimasi daya tahan baterai.. 
Jadi, Uniquesss juga bisa tahu apps apa saja yang paling menyedot baterai smartphone kita.. 
Di apps ini juga ada fitur Power Saving Mode buat hemat baterai.. (lumayan kan kalo lagi lupa bawa charger/powerbank XD)

Samsung Galaxy J7 Sudah Mendukung Koneksi 4G

Nggak sedih deh nungguin buffering waktu nonton vlog, tutorial makeup, serta review vlogger.. >_<

Oh ya, selain hal-hal diatas, gue suka dengan layar Samsung J7 yang cukup besar.. Ayo ngaku yang suka typo kalo ngetik!! Gue salah satu yang sering typo kalo ngetik, jadi lebih suka layar yang besar.. Nahh, kalo Uniquesss lebih suka dengan yang mini, bisa memilih Samsung Galaxy J5 yang fitur nya beti (beda tipis) banget dengan Samsung Galaxy J7


Overall, menurut gue Samsung Galaxy J5 dan J7 cukup cocok untuk digunakan oleh blogger.. 
Harganya juga sesuai dengan kualitas..
Fitur kamera dan memori nya bikin gue puas dengan smartphone ini.. 
Nggak nolak juga kalo bisa memiliki Samsung Galaxy J7 lagi, karena J7 (yang gue miliki versi 2015) sekarang sudah di-upgrade lagi dengan 2 versi :D
 Ukuran RAM pada Samsung Galaxy J7(2016)  sudah 2gb dengan baterai 3300 mAh dimana yang versi 2015 masih 3000mAh.. Kalo dari segi ukuran layar siih masih tetap sama, tapi resolusi layar J7(2015) 720 x 1280 pixels (267 ppi), sudah meningkat menjadi 920 pixels (401 ppi).


Racuuuuun XO

Sekian postingan gue hari ini.. Semoga bisa jadi referensi buat Uniquesss yang lagi nyari-nyari smartphone..^^

Don’t forget to follow my
Post Comment
Post a Comment

Auto Post Signature