Top Social

Ngobrol Cantik Blogger Perempuan: How to Drive Traffic to Your Sponsored Post

June 4, 2016

Happy Saturday, Uniquesss! Postingan kali ini gue akan bercerita tentang event pertama gue bersama Blogger Perempuan, yang diadakan di Gokana Ramen & Teppan pada tanggal 28 Mei 2016 pukul 10.00..

Tema yang diangkat di acara ini (How to Drive Traffic to Your Sponsored Post ) membuat gue penasaran dan antusias banget untuk datang.. Kenapa? Gue beberapa kali mendapatkan tawaran kerjasama melakukan sponsored post dari brand, yang pastinya tujuan brand tersebut mengajak kerjasama adalah supaya Uniquesss membaca sponsored post tersebut, mengenal dan tertarik untuk mencoba produk yang gue post.. Nah, umumnya brand memiliki rate tersendiri atas traffic bulanan blog..

 Supaya brand puas atas hasil kerjasama gue dengan mereka, gue memiliki tanggung jawab untuk mengusahakan agar pageview blog sesuai dengan target dari brand tersebut. Nahh, karena itulaah gue penasaran dan MAU BANGET ikut event ini.. 
Gue pengen tau gimana caranya naikin traffic Uniquesss dengan Facebook Ads supaya mau mampir kesini :D

Oke, lanjut ke event-nya, Awalnya, gue merasa bakal lonely banget di event ini, karena beberapa teman gue yang berencana pengen ikutan BATALl! Tapi, ternyata ada Kak Lily (pemilik blog www.glowlicious.me), kak Amanda Anandita (pemilik blog www.tipscantikmanda.com),  dan kak Diandra (pemilik blog www.withdiandra.com) yang sudah gue kenal di The Skinhouse Event beberapa bulan lalu.. 

Yihaaa! Selfie dulu sebelum NgobCan dimulai :P 
gue dan Kak Diandra :D
(Kak Lily-gue-Kak Diandra-Kak Amanda)
(kak Lily –gue – Kak Diandra)

Acara pun dimulai..
Setelah peserta event #NgobCanBP ini ramai, #NgobCan dibuka dengan sambutan hangat dari Kak Desy Yusnita..
Haha, ketangkep kamera Blogger Perempuan lagi sibuk poto-poto'in talkshow :P

Materi 1: How to Monetize Your Blog by Involve Asia
Kak Andre Gustam menjelaskan mengenai affiliate marketing(Image: Blogger Perempuan)

Affiliate marketing adalah cara menghasilkan uang dari blog dimana saat Blogger mempromosikan produk orang lain dan terjadi penjualan, maka Blogger akan mendapatkan komisi dari pemilik produk..”
Ketika berafiliasi, Blogger harus memilih merchant yang sesuai dengan tema blog.. Contohnya, tema blog gue Beauty, tapi gue afiliasinya memilih merchant Food, nggak nyambung.. Afiliasi yang gue pilih harus produk-produk kecantikan, supaya sesuai dengan peminat-nya.. 


Selain itu, kak Andre juga memberikan bocoran konten yg banyak dicari dan efektif dibulan puasa supaya traffic blog meningkat.. 
Travel menduduki peringkat tertinggi :D Mungkin, karena pada mau MUDIK, travel jadi konten menarik di Indonesia.. :D

Kak Andre memberikan tutorial pemasangan banner affiliasi Marketing di Involve Asia.. Di website tersebut, Blogger dapat memasang berbagai pilihan merchant termasuk Matahari Mall yang bisa diambil kode afiliasinya, lalu pasang di blog. Setiap penjualan dari klik di blog kita, blogger akan mendapatkan komisi. Tutorial yang gue lampirkan kurang jelas, kalo Uniquesss penasaran bagaimana berafiliasi,

Uniquesss bisa menghubungi:
Andre : andre@involve.asia
Myre : myre@involve.asia

Materi 2: Cloud Hosting by Dewa Web
'
Materi Cloud Hosting ini dijelaskan oleh Kak Yo dari DewaWeb.. 

Intinya: Dewa Web adalah Cloud Hosting yang dapat dipercaya.. Cloud Hosting di Dewa Web membuat loading blog menjadi sangat cepat karena telah menggunakan SSL yang tersertifikasi.. SSL bisa menyimpan 10 kali dari biasanya.. 

Penggunaan Cloud Hosting bisa memaksimalkan waktu UPTIME.. Customer support Dewaweb 24 jam sehari, setiap hari.. Namaya Ninja Support.. Di hari liburan pun, nggak libur.. :O
Testimoni Customer DewaWeb Untuk info lebih lanjut, Uniquesss yang tertarik untuk mencoba Cloud Hosting bisa buka langsung website DewaWeb atau

Hubungi:Email: Sales@dewaweb.com
Nomer telpon: 021-2977-8077

Materi 3: How to Drive Traffic with Facebook Ads
Image: Blogger Perempuan

Materi terakhir dibawakan oleh Kak Iqbal Maulana.. 
Intinya, postingan blog bisa dinaikkan traffic-nya dengan memasang iklan di Facebook.. Readers bisa mengenal kita dari melihat Facebook Ads di Facebook.. Budget Facebook Ads bisa diatur sebanyak apa target kiknya.. Saran kak Iqbal siih sekitar 20% dari nilai sponsored post.. 

Pengguna Facebook dilihat dari Community Update-nya terbukti masih menduduki urutan pertama dari Social Media lainnya.. 
Facebook sangat mengetahui informasi pengguna-nya dengan sangat lengkap, sehingga target pengiklanan di Facebook kita bisa tepat sasaran dan sesuai banget dengan target demographic pembaca kita.. 

Kak Iqbal juga memberikan 5 tips penting, yaitu: 
Perfect Audience
Pastikan Audience yang dituju sesuai dengan tujuan kita memasang iklan di Facebook Ads..
Riding the Trend
Publikasi post yang berpotensi viral dengan mengikuti pola trend namun tetap konsisten dengan tema blog..
Headline is Everything
80% orang click content itu karena Headline, tanpa headline yang menarik, maka tidak akan memancing Click (Clickbaiting).. Gue paling setuju dengan tips ini! Karena, setiap kali baca blog, pastinya, readers baca judul dulu, kira-kira tertarik/nggak buat baca postingan kita..
Thumbnail must be Thumb Friendly
Intinya, gambar thumbnail blog harus dibuat lebih menarik, jelas, kontras dan unik agar dapat meningkatkan Rasio antara orang yang melihat dengan yang mengunjungi website..
Pixels &Custom Audiences
Mempelajari Sistem Pixel Facebook.. Setiap Visitor menjadi Custom Audiences yang mudah di iklankan kembali. Retargeting & Segmentasi User agar dapat merubah visitor menjadi data..

Redience Tool
Nahh, ada lagi yang namanya Redience Tool.. Redience Tool ini bisa dipakai kalo kita ga punya web untuk tau pixel retargeting audience..
Di Talkshow ini, kak Iqbal juga memberikan tutorial mengenai cara pemasangan Facebook Ads..

Gue yakin, Uniquesss yang baca post ini agak kurang mengerti maksud gue disini, karena hal ini lebih ke teknis, untuk informasi lebih lanjut, Uniquesss bisa menghubungi Kak Iqbal nya secara langsung^^

Sesi Tanya Jawab

Di akhir acara, ada pembagian hadiah voucher Free 1 tahun domain+hosting dari Dewa Web, voucher MAP untuk pemenang Live Tweet serta pemenang doorprize.. aaa MAU BANGET hadiahnyaa!!




Seneng deeh^^ Kak Manda dan Kak DIandra dapat juga.. 
Setelah talkshow, makan-makan deeh^^ Sambil curcol, gosipan, kenalan dengan blogger-blogger lainnya.. :D
Foto Kebersamaan Ngobcan Blogger Perempuan

Overall, Acaranya oke banget!! Gue dapat banyak pengetahuan dan teman-teman baru di acara ini.. Selain itu, teman-teman di komunitas ini juga asik dan welcome banget.. 
Nggak ada yang namanya senioritas, padahal gue sempat minder dengan mereka yang sudah memiliki domain sendiri, ngerti banget dengan trik SEO friendly, hosting, dkk.. 
Gue merasa newbie banget di dunia blogging dan akan belajar sedikit demi sedikit supaya bisa kayak mereka :D 
Uniquesss support gue yaa..^^

Souvernir dari #NgobcanBP

Thanks for having Me!

Don’t forget to follow my
3 comments on "Ngobrol Cantik Blogger Perempuan: How to Drive Traffic to Your Sponsored Post"
  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. saya sudah membaca tulisan anda dan juga saya telah membaca tulisan dengan topik ini di beberapa artikel dari sumber lain. banyak informasi yang saya dapat dari tulisan anda, apakah ada saran lain yang bisa anda sampaikan terkait tema tulisan anda ini? agar saya dapat informasi yang lebih banyak dan lengkap.

    saya tentunya berterima kasih kepada anda karena telah menulis artikel ini dengan baik, semoga menjadi referensi dalam jurnal atau tulisan ilmiah lainnya dan bisa membantu banyak orang. terima kasih.

    ReplyDelete

Auto Post Signature